Rabu, 15 November 2017

Lowongan Kerja Luar Negeri dan Cara Aman Melamarnya

Terbatasnya lahan pekerjaan didalam negeri, terkadang membuat sebagian orang berkeinginan untuk mencari kerja di luar negeri. Selain memiliki potensi nilai gaji yang lebih tinggi, dengan bekerja di luar negeri mereka mengharapkan dapat memperoleh pengalaman untuk kemudian nantinya diterapkan dalam usaha yang akan mereka rintis, setelah bekerja di negeri orang. Keinginan sebagian masyarakat Indonesia untuk dapat bekerja diluar negeri ini, memang tidaklah mudah untuk diwujudkan, meskipun banyak negara asing yang memang secara terbuka memberikan peluang lowongan kerja luarnegeri bagi tenaga kerja Indonesia yang memang ingin bekerja di negeri mereka. berbagai hal terkait dengan pembiayaan serta pertimbangan lain pun menjadi kendala tersendiri yang harus diselesaikan oleh para calon tenaga kerja.

Bagi Anda yang memang tertarik untuk bekerja di luar negeri, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah menentukan negara tujuan tempat Anda akan bekerja. Jika kita telah menentukan negara tujuan, maka secara otomatis kita akan mencari informasi terkait dengan visa, biaya hidup dan nilai kurs rupiah terhadap mata uang negara tersebut. Selain mencari informasi terkait regulasi keberangkatan, Anda juga dapat terlebih dahulu mempelajari berbagai budaya hidup masyarakat yang ada pada daerah tempat Anda bekerja nanti, sehingga akan memudahkan Anda dalam beradaptasi.

Berikut ini persiapan lain, yang mungkin perlu Anda hadirkan untuk dapat melamar lowongan kerja luar negeri yang Anda impikan, antara lain adalah:

  • Menyiapkan berbagai dokumen terkait dengan ijin kerja diluar negeri, yang meliputi paspor serta visa kerja, dengan mendatangi dinas Imigrasi dan kedutaan besar dari negara tujuan yang ada di Indonesia.
  • Bangunlah sistem networking secara baik, dengan orang-orang Indonesia yang memang ada di negara tujuan tempat Anda akan bekerja, agar nantinya Anda dapat dengan mudah masuk ke negara tujuan tersebut, karena adanya sponsor dari networking Anda.
  • Pelajari dan asah kemampuan Anda terhadap bahasa asing yang memang digunakan dalam negara tujuan tempat Anda akan bekerja. Penguasaan bahasa asing inilah, yang akan menentukan kenyamanan Anda disana, karena Anda dapat berkomunikasi dengan mudah jika menguasai bahasa negara tersebut.

Untuk melamar pekerjaan yang memang disediakan oleh sebuah negara tujuan tempat Anda ingin bekerja memanglah susah-susah gampang untuk dipenuhi. Namun jika Anda yakin dan memiliki kemampuan sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam lowongan tersebut, maka buatlah lamaran dengan disertai CV, sebagaimana Anda membuat lamaran ketika melamar pekerjaan di Indonesia. Namun yang perlu dijadikan catatan khusus dalam lamaran ini adalah penggunaan bahasa dan penjabaran mengenai keahlian yang Anda miliki. Deskripsikan keahlian dan kemampuan Anda dengan bahasa yang indah, sesuai dengan bahasa yang diminta untuk digunakan oleh pemberi lowongan kerja.

Jika perusahaan tertarik dengan surat lamaran yang Anda ajukan, maka secara otomatis perusahaan akan mengundang Anda untuk wawancara. Wawancara yang dilakukan oleh perusahaan ini, biasanya akan dilakukan dalam 2 cara yang antara lain adalah face to face secara langsung ataupun melalui media internet. Oleh karena itu, ketika telah memasukkan lamaran pekerjaan, pastikan Anda telah mempersiapkan secara pasti media yang memang diminta oleh perusahaan untuk melakukan wawancara.


Secara umum, biasanya lowongan kerja luar negeri ini dapat Anda peroleh informasinya melalui dinas tenaga kerja Indonesia, ataupun pada saat adanya pameran lowongan kerja ke luar negeri, yang saat ini banyak diselenggarakan secara berkala. Namun tak jarang pula banyak biro tenaga kerja luar negeri yang memang menawarkan informasi dan kepengurusan kerja diluar negeri, dengan sistem pemotongan gaji.

0 komentar:

Posting Komentar