Senin, 15 Januari 2018

Ide Model Ornamen Masjid Unik di Seluruh Dunia

Islam merupakan salah satu agama besar di dunia. Persebaran umat Muslim diseluruh dunia membuat setiap Negara memilki masjid sebagai tempat peribadatan umat Muslim. Setiap masjid di dunia memiliki konsep tersendiri yang dilengkapi dengan model ornamen masjid yang berbeda-beda sesuai dengan kebudayaan pada Negara tersebut. Keunikan tersebut menjadi ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid tersebut untuk dikunjungi. Bermacam konsep arsitektur diterapkan dalam pembangunan masjid-masjid diseluruh dunia seperti konsep modern, minimalis, elegan, hingga konsep-konsep unik seperti yang diterapkan oleh beberapa masjid. Kreativitas para perancang arsitektur harus terus berkembang guna mengikuti perkembangan zaman agar bentuk bangunan masjid tidak dianggap kuno atau ketinggalan zaman.

Beberapa masjid tetap mempertahankan model arsitektur klasik yang judtru menjadi ciri khas dari masjid tersebut. Salah satu contohnya adalah seperti masjid Raya Baiturrahman yang terletak di Aceh. Masjid ini menggunakan konsep masjid klasik dengan kubah-kubah indah diatasnya. Masjid yang merupakan landmark kota Banda Aceh ini memiliki ciri khas berupa kolam lebar yang terletak di halaman depan masjid. Selain masjid dengan konsep klasik, beberapa masjid menggunakan konsep uniknya sendiri seperti Masjid Agung Tuban yang terletak di Tuban. Masjid ini menggunakan model ornamen masjid yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. Warna warni yang menghiasi dinding masjid tersebut hingga ke kubahnya menjadi daya tarih tersendiri bagi masjid ini.

Selain bentuk dan warna, salah satu bagian masjid juga bisa menjadi ciri khas tempat peribadatan ini. Seperti halnya yang diterapkan oleh masjid Kubah Mas yang terletak di kota Depok Jawa Barat. Masjid ini menarik perhatian dengan menggunakan warna emas sebagai warna untuk kubahnya yang menjadikannya sebagai landmark Kota Depok yang terkenal hingga seluruh Indonesia. Model ornamen masjid yang unik juga diterapkan untuk bagian dalam masjid tersebut dengan beberapa ukiran-ukiran indah yang menambah kesan elegan dan memberikan nilai estetika yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. Dengan konsep-konsep unik, masjid menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan diharapkan dapat menambah semangat umat Muslim untuk menjalankan ibadah.

Jual karpet online

0 komentar:

Posting Komentar