Senin, 15 Januari 2018

Kubah Masjid Kekinian pada Bangunan Masjid Modern

Seiring berkembangnya jaman, selera masyarkat akan berbagai hal mengalami perubahan. Salah satunya adalah dalam hal arsitektur masjid. Jika pada jaman dahulu masjid hanya berupa bangunan dengan kubah sederhana, kini telah banyak bermunculan kubah masjid kekinian sebagai bentuk dari perkembangan seni arsitektur masjid. Beberapa masjid bahkan tidah menggunakan kubah agar lebih menunjukan kesan modern dari sebuah masjid. Salah satu bangunan masjid dengan kubah unik adalah Masjid karya Ridwan Kamil di Bandung.



Masjid luas tanpa kubah yang menjadi kebanggaan warga Bandung ini berdiri dengan mengusung konsep modern dan kekinian. Masjid di Bandung hanya berupa bangunan dengan bentuk geometris yang sama dan sekelilingnya dihias dengan pola geometris lain yang membentuk susunan pola tertentu. Selain itu, ada pula beberapa masjid yang menggunakan kubah masjid kekinian guna menarik perhatian masyarakat khususnya kaum muda untuk berkunjung dan beribadah di masjid. Meski sedang berlomba-lomba untuk menarik perhatian Jama’ah sebanyak-banyaknya, Islam tetap menanamkan kesa sederhana dalam bangunan masjidnya. Kunci utama dari masjid adalah ketenangan, selanjutnya adalah kebersihan, dan penempatan posisi seseorang sesuaai dengan keinginan sukarela mereka.


Beberapa contoh bentuk kubah masjid kekinian memiliki ukuran yang relative lebih kecil dibandingkan dengan kubah masjid dengan gaya tradisional. Kubah masjid tradisional umunya berbentuk setengah ligkaran atau bola yang besar dengan hiasan berbentuk bulan dan bintang diatasnya. Pada saat ini, beberap akubah masjid modern tidah mempertahankan bentuk tersebut. Banyak masjid yang menggunakan kubah seperti atap pada umumnya yang berbentuk segi tiga atau prisma. Hal ini akan memberikan kesan modern pada masjid. 

Masjid modern umumnya menggunakan bentuk atap bertingkat yang memberikan kesan mewah pada masjud tersebut. Bentuk-bentuk modern dari masjid merupakan pertanda bahwa arsitektur tempat beribadah ini juga terus mengikuti perkembangan zaman dalam karyanya baik dalam bentuk bangunan maupun interior-interior di dalamnya. Tentu saja sengan diterapkannya model-model bangunan masjid modern, konsep kesederhanaan yang menjadi prinsip dasar umat Islam tetap harus dipertahankan sebagai identitas utama karena Islam tidak menyukai sesuatu yang berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar