Selasa, 16 Oktober 2018

Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit



Anak anak memang akan rentan terhadap suatu penyakit yaitu batuk pilek. Oleh karena itulah orangtua harus ekstra hati hati didalam menjaga kebersihan diri dan juga disekitar lingkungan anak. Mereka sering sakit dikarenakan sistem imunnya belum sempurna dan kuat seperti orang dewasa. Terlebih mereka belum mengerti dan belum peduli dengan kebersihan sekitar mereka. Sehingga mereka akan merasa kesulitan didalam membedakan mana yang bersih atau mana yang kotor. Akibatnya akan lebih rentannya mereka untuk terserang bibit penyakit. Tugas para orang tua adalah mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak akan mudah sakit.
Berikut beberapa cara agar anak tidak mudah sakit diantaranya yaitu :
  1. Dengan Memberikan ASI
ASI merupakan makanan utama yang akan berfungsi sebagai antibody pada bayi yang baru lahir. Dengan mengkonsumsi ASI ini maka bayi sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat. Pemberian ASI ini setidaknya harus dilakukan dua hingga tiga bulan pertama. Karena untuk selanjutnya maka dapat dengan memberikan susu kombinasi dengan susu formula. ASI menurut sebuah penelitian dapat membantu didalam meningkatkan kekuatan otot dan mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes, alergi, dan juga infeksi telinga yang kemungkinannya akan terjadi di kemudian hari.
  1. Dengan Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya
Jika usianya sudah bertambah maka dapat diberikan perpaduan antara sayuran dan buah karena akan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tubuh. Beberapa sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung fitonutrien sehingga akan dapat melawan infeksi bakteri dan virus karena banyaknya produksi sel darah putih dan interferon. Makan makanan yang baik untuk daya tahan tubuh anak seperti wortel, kacang hijau, jeruk, brokoli, dan stoberi.
  1. Dengan Memantau Waktu Tidurnya
Sebuah penelitian menunjukkan jika anak kurang tidur maka sistem kekebalan dalam tubuhnya akan gagal melawan virus, bakteri, atau sel kanker sehingga akan mudah sakit. Waktu tidur yang dibutuhkan bayi sekitar 18 jam. Balita membutuhkan waktu tidur 12 hingga 13 jam, dan anak prasekolah membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam dalam sehari. Jika anak tidak sempat tidur siang maka tidurlah lebih awal.
  1. Dengan Mengajaknya Berolahraga
Akan meningkatnya sistem kekebalan tubuh anak jika melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga maka ini akan menjadi aktivitas yang lebih bermanfaat jika hanya sekedar bermain ditaman. Anak tubuhnya akan lebih sehat dan akan terhindar dari penyakit jika rutin melakukan olahraga.
Itulah beberapa cara agar anak tidak mudah sakit. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, menjauhkan anak dari asap rokok dan kendaraan, dan rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter.


0 komentar:

Posting Komentar