Senin, 18 Maret 2019

Mengenal Text Prosedur Lebih Mendalam



Tahukah anda apa yang dimaksud prosedur teks? Pasti banyak dari anda semua yang kurang mengetahui atau bahkan mungkin baru kali ini mendengarnya. Namun jangan khawatir, pada kesempatan kali ini, kami akan mengupasnya untuk anda. Langsung saja silahkan disimak.
Pengertian Teks Prosedur
Ketika Anda sedang mencari cara untuk membuat atau melakukan sesuatu, itulah yang disebut dengan teks prosedur. Tentunya, teks prosedur dilengkapi dengan langkah-langkah yang jelas dan berurutan sehingga Anda bisa mengikutinya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu ciri-ciri teks prosedur yang paling mencolok yaitu terdapat kata perintah atau kata imperatif didalamnya. Penggunaan kata perintah tersebut dapat mempermudah pembaca untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
Tujuan Teks Prosedur
Tentu saja, teks prosedur juga memiliki tujuannya sendiri. Tujuannya untuk mempermudah pembaca atau pendengar dalam mengikuti langkah-langkah atau perintah yang terdapat pada teks tersebut. Sehingga, si pembaca atau pendengar dapat melakukan atau membuat sesuatu sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan oleh ilmu definisi.
Ciri-ciri Teks Prosedur
Ketika Anda melihat teks prosedur, ada beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali. Apa sajakah ciri-ciri teks prosedur? Ciri-ciri tersebut berupa:
1.       Terdapat tujuan dari prosedur tersebut, beserta langkah-langkah dan penutupnya.
2.       Menggunakan kalimat perintah hingga pembaca dapat mengikuti apa saja yang diperintahkan dalam teks tersebut.
3.       Menggunakan kalimat penghubung dari awal hingga akhir sehingga masih saling terkait.
4.       Menggunakan kalimat tidak langsung dan langsung.
5.       Menggunakan kalimat larangan dan saran.
6.       Menggunakan batasan atau kriteria tertentu. 
7.       Menggunakan kata keterangan.
8.       Berisi informasi.
9.       Berisi langkah-langkah yang jelas, runtut, dan terperinci.
10.   Menggunakan akhiran-kan dan –i. Misalnya seperti, tuangkan air dingin kedalam gelas, hindari minyak itu dari percikan api.
Struktur Teks Prosedur
Struktur tersebut dapat membantu Anda dalam memahami apa tujuan dari teks tersebut. Struktur-struktur tersebut terdiri atas:
·         Tujuan, Tentunya, setiap prosedur yang akan dijalankan harus memiliki tujuannya tersendiri. Dibagian inilah penulis memberikan penjelasan mengenai tujuan beserta manfaat yang didapat dari penerapan prosedur yang dijalankan.
·         Materi, Pada teks prosedur tertentu, seperti pembuatan sesuatu, pasti ada bahan-bahan atau materi yang dibutuhkan. Tentunya, materi-materi tersebut akan membantu Anda untuk membuat sesuatu yang diinginkan.
·         Langkah-langkah, Bagian terpenting dalam teks prosedur adalah langkah-langkah. Tidak sah rasanya jika teks prosedur tidak berisi langkah-langkah yang dapat diikuti oleh Anda untuk menghasilkan atau melakukan sesuatu.
Jenis-jenis Teks Prosedur
Ada 3 jenis teks prosedur yang biasa Anda temukan. Ketiganya berupa:
·         Teks prosedur sederhana
Seperti namanya teks prosedur ini berisi cara atau langkah-langkah sederhana dan mudah untuk diikuti. Biasanya, dalam teks prosedur sederhana ini hanya tersedia 2 hingga 4 langkah saja. Misalnya yaitu prosedur cara merakit mobil-mobilan yang ada pada kotak pembeliannya.
·         Teks prosedur kompleks
Berbeda dengan yang sederhana, teks prosedur kompleks memiliki tingkat langkah-langkah yang lebih banyak. Tak hanya sekedar 2 hingga 4 langkah saja, tetapi bisa mencapai 8 atau bahkan lebih langkah-langkah. Contoh teks prosedur kompleks ini yaitu resep masakan, dan sebagainya. Pokoknya, yang memiliki lebih banyak langkah-langkah dan harus diikuti secara berurutan.
·         Teks prosedur protocol
Teks prosedur yang terakhir adalah teks prosedur protokol. Untuk yang satu ini, meskipun Anda menemukan berbagai langkah yang ternyata dapat membuatnya lebih mudah, Anda bisa mengubah langkah-langkahnya sendiri. Anda tidak perlu khawatir, meskipun langkah-langkah yang diterapkan tidak sesuai dengan urutan, hasil akhirnya akan tetap sama. Tidak ada yang berbeda.
Contoh teks prosedur protokol yaitu cara memasak mie instan. Misalnya, pada langkah tersebut dianjurkan untuk memasukkan bumbu sambil merebus mie, dan Anda tidak melakukannya, rasa dari mie tersebut tidak akan berubah. Jadi, meskipun Anda mencampurkan bumbu saat merebus mie atau tidak, hasil akhirnya akan tetap sama saja.

0 komentar:

Posting Komentar