Senin, 26 Agustus 2019

Intip Beberapa Tempat Wisata Pantai Yang Paling Indah Pada Wilayah Jawa Tengah




Ada banyak dari tempat wisata di Jogja yang selalu dimasukkan tempat daftar wisata waktu libur lebaran tiba. Geser sedikit ke luar kotanya, ada pantai Parangtritis yang digemari dan dijadikan teman menunggu senja. Tapi, tahukah kamu ternyata di wilayah sekitar Jogjakarta juga ada tempat wisata pantai yang tidak kalah unik dan indah?
Dibukanya jalan alternatif mudik pantai selatan adalah salah satu cara mengatasi kepadatan lalu lintas di jalur utara. Setidaknya sepanjang jalur yang ada dalam wilayah empat kabupaten itu punya pantai cantik yang sebelumnya tersembunyi hanya diketahui penduduk sekitarnya. 6 pantai di antaranya bisa didatangi bagi yang telah memantau rute dan jadwal menuju Jogjakarta.
  • Tempat Wisata Pantai Lampon
Pantai Lampon juga menghiasi garis pantai di pesisir selatan Jawa Tengah dengan titik menarik yang romantis untuk pengunjung. Jika Pantai Ayah telah sangat diketahui oleh pengunjung yang punya rute dan jadwal PO Bus Efisiensi, kini saatnya melirik birunya Pantai Lampon yang baru saja diperkenalkan di tengah perbukitan yang tak kalah hijaunya.
Pantai yang masih diatur secara swadaya oleh warga di Desa Pasir berada di teluk sempit di antara perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan. Panjangnya tidak lebih dari 100 meter, tapi keindahannya pantas untuk diacungi jempol karena masih sepi layaknya pantai pribadi. Sangat tepat bagi yang ingin menghabiskan hari dalam keheningan sambil melihat terbenamnya matahari.
  • Tempat Wisata Tebing Indah Pantai Sodong Cilacap
Salah satu pantai terindah yang terkenal setelah jalur pantai selatan dibuka yaitu Pantai Sodong. Ada di Desa Karang Benda, Kabupaten Cilacap, pantainya berdekatan dengan kawasan wisata Gunung Selok. Bagaikan dipagari tebing-tebing yang menjulang tinggi, pesona Pantai Sodong memang tidak ada duanya bagi wisatawan yang datang ke sini.
  • Tempat Wisata Pulau Nusakambangan
Dalam satu kunjungan Pantai Teluk Penyu serta Pulau Nusakambangan dapat terlewati. Yup, dari pantai tersebut pengunjung juga dapat mengunjungi Pulau Nusakambangan dengan kapal kayu nelayan. Di pulau ini tetap terserak benda-benda peninggalan penjajahan Belanda misalnya meriam tua yang kokoh di hutan sekitar pantainya.
Satu yang tidak dapat dilewatkan di Pulau Nusakambangan itu dengan datang ke gua tersembunyi yang hanya bisa dimasuki saat air laut surut. Namun jangan dilakukan sendiri, carilah pemandu terlatih yang bisa mengamati perubahan air laut supaya tidak terjebak di dalamnya.
  • Tempat Wisata Pantai Menganti
Banyak orang mengatakan, keindahan Pantai Menganti mengingatkan mereka akan panorama di New Zealand. Tidak berlebihan, suasananya sangat khas dengan jajaran perbukitan hijau yang melingkupi garis pantainya. Pantai Menganti yang terletak hanya 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.
  • Tempat Wisata Pantai Karangbolong
Jika mencari tempat area di Jawa Tengah yang kental dengan adat dan tradisinya anda bisa gunakan berbagai teknik fotografi untuk mendapatkan hasil gambar yang baik dan benar, bolehlah datang ke Pantai Karangbolong. Budaya masyarakatnya masih kuat mempertahankan upacara larungan laut, ritual unduh walet, sedekah bumi, ritual suro serta tradisi lainnya yang ikut meramaikan acara wisata Kebumen. Pantai Karangbolong sendiri adalah pusat dari ritual unduh sarang walet karena banyak sekali burung yang ada di goa-goa di pesisir pantai ini.
  • Tempat Wisata Pantai Teluk Penyu
Lokasi pantai ini tidak terlalu susah didatangi. Cari saja Benteng Pendem di bagian selatan Cilacap. Hanya sekitar dua kilometer ke arah timur, rute PO Bus Efisiensi bisa membantu mengakomodir kunjungan wisatawan yang mau mampir merasakan keindahan pantai berwarna coklat pada Pantai Teluk Penyu Cilacap.

0 komentar:

Posting Komentar