Senin, 25 November 2019

Sedang Menikmati Waktu Liburan Pada Daerah Tanah Melayu, Maka Sangat Wajib Untuk Mencoba Kuliner Bolu Kemojo


Sebutan pada ‘Bolu Kemojo’ tidak terlalu asing saat sedang melihat kata kuliner khas Melayu. Kudapan ini menjadi salah satu sajian yang harus untuk dihidangkan pada perhelatan pesta seperti pesta adat serta hari raya lebaran.
Teksturnya yang bulat padat, dan cenderung seperti kue basah, bukan seperti bolu yang lembut seperti kue pada umumnya. Rasa kue ini didominasi oleh rasa legit yang sangat enak dan aroma telur di antara teksturnya yang unik tersebut.
Bolu Kemojo biasanya tersedia dalam warna hijau. Warna hijau ini dibuat dari campuran air daun suji dan daun pandan. Campuran kedua bahan ini juga menimbulkan aroma yang khas dari Bolu Kemojo.
Sehingga, siapapun yang mencicipi kudapan ini akan dengan mudahnya mengingat sensasi rasa dan aromanya. Terlebih, rasa manis yang ditimbulkan dari setiap remahan kudapan ini akan mengisi setiap lobang yang ada  dalam ingatan serta indera pengecap penikmatnya.
Kue ini punya tekstur yang unik. Terlihat dari tebalnya kulit bagian luar yang berwarna kecoklatan karena bersentuhan langsung pada loyang panas. Setelah menyantap kulit bagian luar, tekstur kenyal akan timbul dan membekas di lidah.
Resep asli kudapan ini bahkan ada kandungan banyak telur, sehingga menjadikannya berlemak. Sensasi yang dipicu oleh penganan khas Melayu ini tentu sayang untuk dilewatkan para penikmat kuliner yang jauh-jauh datang ke Dumai hanya untuk mencari dan berburu kudapan khas kota Pelabuhan ini.
Kudapan ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota Dumai dan beberapa wilayah di provinsi Riau. Masyarakat Riau sering menjadikan kue jenis Bolu Kemojo secara bersama-sama, terlebih saat diberlangsungkannya sebuah hajatan. Nama ‘kemojo’ disebut sebagai kemboja atau bunga kamboja yang mengarah pada bentuk loyang dari kue ini.
Tak hanya dibuat hanya pada saat perhelatan adat, kue ini kini turut mengisi tas oleh-oleh dari para pelancong atau wisatawan yang jauh-jauh datang ke Dumai. Selain itu, mulai muncul berbagai varian rasa dari kue tradisional tersebut, yang tentunya semuanya sangat enak sekali.
Bolu Kemojo dimasak dari tepung terigu yang dicampur bersama telur dan gula pasir. Kue ini juga menggunakan bahan dasar misalnya saja santan kelapa yang menciptakan kesan gurih pada teksturnya. Kini, bolu kemojo tidak hanya dibuat dengan warna hijau, melainkan sudah mengikuti pangsa pasar, seperti merah muda, kuning bahkan coklat.
Meski seperti itu, cita rasa yang legit serta menggigit tidak akan hilang dari kudapan tradisional ini. Penambahan gula yang melimpah menjadikan jenis kudapan ini terasa sangat manis, sehingga bagi penikmat yang memiliki potensi diabetes, dianjurkan game judi pulsa untuk lebih berhati-hati waktu sedang mencoba jenis kudapan yang satu ini.
Kini, para wisatawan akan dengan gampang nya untuk menemukan kudapan ini di gerai-gerai makanan atau oleh-oleh khas Riau. Salah satu sentra pembuatan Bolu Kemojo yang sangat terkenal berada di area sekitar ibu kota provinsi Riau, yakni kampung melayu Pekanbaru.
Jika sedang datang dan liburan ke Dumai, wisatawan juga dapat mencicipi kudapan ini di toko oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan utama. Aroma bolu yang wangi, ditambah dengan sensasi kelezatannya yang sangat nikmat tentu akan membuat para wisatawan tidak akan melewatkan primadona khas Melayu yang satu ini. Berminat untuk mencobanya?
Bagi Anda yang memang sedang merencanakan jalan-jalan ke Pekanbaru dan sekitarnya, datangi saja beberapa situs agen travel terpercaya saat ini untuk memperoleh berbagai kemudahan saat menyiapkan akomodasi perjalanan nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar