Selasa, 04 Februari 2020

Kenali Norma Norma Yang Ada Dalam Masyarakat Yang Harus Kita Teladan



Dalam menjalani nkehidupan sehari hari tentunya kita harus memiliki norma noma untuk kita bisa hidup bermasyarakat. Ada banyak norma norma yang tekandung dalam pancasila yang bisa kita teladani. Ada norma agama,  norma kesusilaan,  norma kesopanan,  norma hukum dan lain lain. Jika kita ingin dan tinggal diindonesia harus kita terapkan semua norma norma yang ada,  suka tidak suka namun itulah relita kehidupan yang harus kita jalani jika ingin di pandang sebagaimanusia yang berkewarganegaraan indonesia. Dalam artikel ini saya akan membahas secara langkap mengenao norma norma yang ada di indonesia:
·         Norma Agama
Norma Agama didapat dari ajaran mengenai allah melalui utusannya yang berisikan peraturan hidup yang diterima oleh utusan atau nabi sebagai perintah, larangan dan anjuran yang berasal dari Tuhan. Sebagian besar norma agama bersifat umum, jadi dapat berlaku bagi seluruh golongan orang di dunia,  terlepas dari agama yang ikuti. Contohnya, semua agama mengajarkan pengikutnya agar tidak berbohong,  sebagai sanksinya adalah “rasa berdosa “.
·         Norma Kesopanan
Norma kesopanan adalah suatu peraturan dalam kehidupan sehari hari  yang muncul dari pergaulan sekelompok manusia dan dijadikan sebagai tuntunan pergaulan sehari-hari sekelompok masyarakat. Contonya ketika ada perintah menegaskan supaya orang muda menghormati orang yang lebih tua. Jika kita melanggarnya maka sanksinya adalah diasingkan dari pergaulan hidup bermasyarakat.
·         Norma Kesusilaan
Norma Kesusilaan adalah aturan yang dianggap sebagai yang datang dari suara dalam hati sanubari setiap manusia. Bisikan dari kalbu atau suara batin yang diakui dan diinsyafi oleh setiap manusia sebagai pegangan dalam sikap dan perbuatannya. Sebagai contoh, suara hati kita memerintahkan supaya kita berlaku jujur. Penyimpangan dari norma kesusilaan dianggap sebagai salah satu tindakan jahat,  sehingga pelanggarnya akan diejek atau ditegur dari dalam dirikita. Jika  penyimpangan norma kesusilaan dianggap keterlaluan maka pelakunya akan diasingkan.


·         Norma Hukum
Norma hukum merupakan sebuah aturan tertulis maupun tidak tertulis yang memiliki perintah atau larangan yang mengharuskan dan yang akan menimbulkan hukuman yang tegas bagi setiap orang yang melanggarnya. Sebagai contohnya,  apabila kita dilarang mencuri namun tetap mencuri maka sabagai hukumannya adalah kita bisa dipenjara atau didenda atau bahkan di hukum mati.Dari keempat norma diatas berlaku dan terdapat pada masyarakat Indonesia yang kesemua norma tersebut memiliki perbedaan satu dengan yang  lain. Khusus adalah norma hukum yang dibikin oleh lembaga yang berwenang seperti lembaga negara.
Demikian pembahasan lengkap mengenai norma norma yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di indonesia. Semoga dengan ditulusnya artikel ini dapat membantu kalian untuk mengerti akan sebuah norma norma yang berlaku di indonesia. Saya berharap kalian dapat menjalankan norma noma ini dalam kehidupan sehari hari agar menjadi warga negara indonesia yang baik dan di segani bangsa lain.

0 komentar:

Posting Komentar