Kamis, 16 April 2020

Intip Apa Saja Perbedaan Dari WhatsApp Business Dan WhatsApp Biasa Supaya Tak Salah Menggunakannya


Screenshot_4.png
Sejak beberapa waktu yang lalu, WhatsApp telah merilis WhatsApp Business, aplikasi obrolan yang khusus diperuntukkan bagi para pengusaha. Aplikasi itu menjadi media baru bagi para pelaku bisnis untuk menambah peluang sukses usahanya, termasuk yang bergerak pada bidang pariwisata contohnya saja agen travel.
Meskipun begitu, belum banyak pelaku bisnis yang mengertis ecara mendalam mengenai aplikasi baru ini. Padahal ada banyak keuntungan yang dapat mereka nikmati jika menggunakan aplikasi ini, dari pada memakai WhatsApp biasa.
Di bawah ini adalah beberapa perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa yang wajib untuk Anda ketahui sebelum mulai memakainya agar tak salah pilih dan bisnis dapat berkembang lebih baik.
  • Memiliki Profil Bisnis Yang Lengkap
Karena di khususkan untuk bisnis, WhatsApp Business memberikan fitur yang memungkinkan penggunanya mencantumkan profil bisnis mereka. Fitur ini membedakan WhatsApp Business serta WhatsApp biasa.
Pengguna WhatsApp Business harus mengisi deskripsi keterangan bisnisnya, situs perusahaan, alamat, nomor telepon, dan lain-lain. Seluruh informasi itu diperlukan agar WhatsApp bisa memberikan centang hijau sebagai tanda akun Anda sudah valid.
  • Dapat Membalas Pesan Secara Otomatis
Semua jenis bisnis tentu mendambakan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Setiap pemilik usaha tentu mau dapat menjawab pertanyaan pelanggan setiap saat, baik di dalam maupun di luar jam kerja. Namun, hal ini susah dilakukan terutama jika bisnis Anda belum punya tenaga yang khusus melakukan hal itu.
WhatsApp Business diberikan dengan fitur Auto Response, sehingga Anda dapat menciptakan pesan balasan dan mengirimnya secara otomatis saat Anda tidak punya waktu untuk membalas pesan. Pesan balasan ini akan langsung terkirim saat ada konsumen mengontak akun bisnis Anda secara personal. Selain itu, pesan balasan juga bisa dikirim waktu ada konsumen yang me-mention Anda pada sebuah grup.
  • Terdapat Beberapa Analisis Interaksi Pelanggan
Dengan memakai sebuah WhatsApp Business, Anda juga dapat tau mengenai statistik interaksi pelanggan dengan bisnis Anda, fitur yang juga tidak ada di WhatsApp biasa.
Dengan fitur ini, Anda misalnya dapat memahami jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, serta dibaca. Untuk mengakses data statistik ini, Anda hanya menekan opsi yang ada di kanan atas percakapan serta memilih menu statistik.
  • Nama Akun Permanen Atau Tidak Dapat Dirubah
Perbedaan yang paling mencolok dari WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa yaitu dari nama akun. Tidak seperti nama akun di WhatsApp biasa yang dapat diubah, nama akun di WhatsApp Business tidak dapat diubah. Setelah mendownload aplikasi di PlayStore atau AppStore, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon, lalu memasukkan kode unik yang dikirim melalui SMS.
Setelah itu, Anda akan diminta untuk input nama akun di WhatsApp Business. Di sini, Anda akan diperingatkan bahwa nama akun yang Anda masukkan tidak akan dapat diubah. Jadi, Anda wajib memasukkan nama yang membuat bisnis Anda sangat gampang dikenali, misalnya nama bisnis Anda.
  • Dapat Menggunakan Nomor Telepon Bisnis Anda
Tidak seperti WhatsApp biasa yang hanya dapat memakai nomor telepon selular, WhatsApp Business memungkinkan Anda memakai nomor telepon perusahaan, selain nomor telepon selular.
Hal ini membuat Anda dapat memisahkan antara akun bisnis dengan akun pribadi. Hal ini juga menjadikan bisnis Anda akan terlihat terlihat jauh lebih profesional di mata konsumen.
Di atas tadi adalah beberapa hal yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa. Anda bisa mulai memakai WhatsApp Business terutama untuk menambah kesan profesional pada profil bisnis Anda di mata calon pelanggan. 


2 komentar: