Kamis, 15 Mei 2014

Gerakan Kata Dasar Dalam Karate

Karate adalah seni beladiri yang berasal dari daratan cina yang akhirnya berkembang dan populer di Jepang. Seni beladiri karate dibawa oleh "Okinawa" semula disebut "Tote" yang berarti "tangan china". Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang.

Teknik Karate terbagi menjadi tiga bagian utama : Kihon (teknik dasar), Kata(jurus) dan Kumite (pertarungan). Murid tingkat lanjut juga diajarkan untuk menggunakan senjata seperti tongkat (bo) dan ruyung (nunchaku).
Kata (型: かた) secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam karate tidak hanya merupakan latihan fisik atau aerobik biasa. Tapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip bertarung. Setiap Kata memiliki ritme gerakan dan pernapasan yang berbeda.

Berikut ini adalah gerakan kata dalam aliran "Sotokan" yang di Indonesia masuk dalam organisai bernama "INKAI" atau Institut Karatedo Indonesia. Gerakan Kata dibagi menjadi 5, yaitu Heian Shodan (kata 1), Heian Nidan (kata2), Heian Sandan (kata3), Heian Yondan (kata 4), dan Heian Godan (kata 5).
Heian Shodan (kata 1):

Heian Nidan (kata2):

Heian Sandan (kata3):

Heian Yondan (kata 4):

Heian Godan (kata 5):

Dalam Kata ada yang dinamakan Bunkai. Bunkai adalah aplikasi yang dapat digunakan dari gerakan-gerakan dasar Kata.
Setiap aliran memiliki perbedaan gerak dan nama yang berbeda untuk tiap Kata. Sebagai contoh : Kata Tekki di aliran Shotokan dikenal dengan nama Naihanchi di aliran Shito Ryu. Sebagai akibatnya Bunkai (aplikasi kata) tiap aliran juga berbeda.
Semoga bermanfaat.
sumber : http://nikyuero.blogspot.com/2012/03/gerakan-kata-dalam-karate.html

2 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus
  2. Affiliate marketing can be a very lucrative way to earn money online. You will have to have a website that has lots of viewers. Look for any subject matter that you have a personal interest in writing about regularly. Find a website that offers affiliate payouts and ask to join. ayam pilipin When your visitors buy something, you get a cut of each sale.

    BalasHapus