Sabtu, 01 Februari 2020

Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Paling Terlihat Dari Xiaomi Mi 9 Dan Mi 8



Beberapa waktu belakangan ini, produsen smartphone terkenal dari Tiongkok, yaitu Xiaomi dapat dikatakan sedang gencar mengeluarkan produk smartphone terbarunya. Salah satu andalannya pada awal 2019 untuk segmen flagship atau premium yaitu Xiaomi Mi 9.
Seperti namanya, Xiaomi mi 9 ini merupakan HP baru Xiaomi yang akan jadi penerus dari Xiaomi Mi 8, yang juga masih menjadi bagian dari keluarga Mi, serta termasuk juga sebagai seri smartphone flagship unggulan Xiaomi.
Lalu, apa saja yang membedakan antara Xiaomi Mi 9 dengan Xiaomi Mi 8? Agar Anda tidak salah pilih dan bingung, di bawah ini akan kami berikan penjelasan sedikit kepada Anda mengenai perbedaan antar keduanya.
Dari Segi Dapur Pacu
Jika berbicara tentang dapur pacu, Xiaomi Mi 9 ternyata mengalami peningkatan yang cukup tajam. Ponsel tersebut sudah membawa chipset paling kuat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855, beda dengan Mi 8 yang masih menggunakan  chipset Snapdragon 845. Kedua chipset itu sama-sama disenjatai dengan prosesor 8 inti.
Lalu untuk penggunaan GPU-nya, Xiaomi Mi 9 sudah pakai Adreno 640, lain halnya dengan Mi 8 yang masih menggunakan Adreno 630. Untuk memori internalnya ada opsi 64GB dan 128GB. Jika anda mau penyimpanan 256GB, maka harus membeli opsi Battle Angel.
Dari Sektor Kamera
Untuk kamera, disini ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok antar kedua smartphone Xiaomi itu. Meskipun belum punya 5 kamera utama seperti Nokia 9 Pureview, Xiaomi Mi 9 sudah dirilis dengan 3 buah lensa untuk kamera utama, dengan konfigurasi 48MP + 16MP + 12MP. Sementara itu, generasi sebelumnya atau Mi 8 masih menggunakan 2 buah lensa di kamera utamanya.
Penambahan 1 lensa di Mi 9 ini diuntukan agar menghasilkan foto dengan kualitas yang tidak hanya lebih bagus, namun juga lebih luas alias Ultrawide. Ketiga kamera ini mendukung efek bokeh dengan kualitas yang sangat bagus berkat sensor Sony IMX586.
Selain itu, yang jadi pembeda di sini yaitu pada hasil rekaman videonya. Hasil video Slow Motion pada Xiaomi Mi 9 sudah bisa 1080p pada frame rate 960fps, namun pada Xiaomi Mi 8 sendiri hanya bisa sampai 720p untuk 960fps. Kamera depannya pun masih memakai lensa 20MP. 
Dari sisi Desain Dan Kualitas Layar
Pada dasarnya hal paling pertama yang akan dilihat oleh orang saat ingin membeli sebuah smartphone baru adalah desain. Nah, sebagai smartphone flagship yang lebih baru, desain yang dipunyai oleh Xiaomi Mi 9 ini sangat menawan dan kece. Body bagian belakang dari smartphone itu bahkan menggunakan material kaca. Untuk menjaga supaya body bagian belakangnya tidak mudah baret, Xiaomi melapisi body belakang Mi 9 ini dengan lapisan Gorilla Glass tingkat 5.
Beralih ke bagian depan, layar pada Xiaomi Mi 9 masih tetap menggunakan panel Super AMOLED, akan tetapi ukuran serta resolusi layarnya mengalami penaikan dari Mi 8, dari yang awalnya 6.21 inch kini menjadi 6.39 inch. Smartphone itu  masih tetap pakai notch di bagian atas layarnya. Namun yang membedakan, kini poninya dibuat lebih agen tembak ikan online mini atau biasa disebut dengan poni tetesan air.
Kapasitas Baterai
Yang aneh, Xiaomi ternyata memberikan Mi 9 kapasitas baterai yang lebih mini dibandingkan seri sebelumnya yaitu. Mi 8 memiliki kapasitas baterai 3400 mAh namun di Mi 9 baterainya dipangkas menjadi 3300 mAh. Bahkan lebih mini dari Redmi Note 4X yang diberikan baterai 4100mah. Meskipun demikian, pengisiannya dibuat lebih ngebut, dimana yang tadinya hanya dapat mengisi daya sekitar 18 watt saja saat ini menjadi 27 watt.

3 komentar: