Selasa, 17 Juni 2014

7Manfaat Madu untuk Kesehatan

Selama ribuan tahun madu digunakan dalam berbagai pengobatan. Al Quran dari sejak 1.400 tahun lalu menyatakan:
“Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. [QS. An-Nahl: 68-69]
Sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu masih digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Dengan beralihnya manusia ke pengobatan modern, madu kian tersisih perannya. Belakangan ini ketika banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan, banyak orang “kembali ke alam” dengan memanfaatkan madu dalam pengobatan.
Apa saja khasiat madu? Berikut adalah 7 manfaat madu bagi kesehatan:

1. Obat luka dan borok.

Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan

Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

3. Menghaluskan kulit

Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Nilai Gizi Madu per 100 g
Energi 304 kcal
Karbohidrat 82.4 g
Gula 82.12 g
Serat 0.2 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air 17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (Vit. B5) 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)
Vitamin C 0.5 mg (1%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Fosfor 4 mg (1%)
Potasium 52 mg (1%)
Sodium 4 mg (0%)
Zinc 0.22 mg (2%)

5. Antioksidan kuat

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah

Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.
Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

7. Meringankan penyakit pernafasan

Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.
Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.

sumber :http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/7-manfaat-madu-untuk-kesehatan/

4 komentar:

  1. Baca juga artikel berikut ini, semoga bermanfaat
    madu asli online terpercaya

    BalasHapus
  2. madu utk kesehatan sangat bagus sekali

    domino 99 | domino99

    BalasHapus
  3. Ayam tarung (Cockfighting) sign up for a site that will pay you to read emails during the course of the day. You will simply get links to scan over different websites and read through miscellaneous text. This will not take you a lot of time and can pay great benefits in the long run.

    BalasHapus
  4. Banyak pemain murai batu mengeluhkan gaconya yang peformanya menurun di lapangan, jika burung biasanya selalu gacor bahkan sering dinominasikan dan berubah kali ini tidak segacor biasanya. Selama burung tersebut tidak terserang penyakit, yang antara lain dapat dideteksi dari penurunan nafsu makan, menurunnya kinerja murai batu di arena lomba biasanya karena kelelahan fisik dan penurunan mental. Kelelahan fisik tentu saja membuat kinerja burung tidak maksimal seperti biasanya, ini sering dialami oleh murai batu yang terlalu sering diperlombakan seperti tiga kali seminggu.

    Bahkan ada contoh di mana murai jawara nasional juga mengalami kelelahan fisik selama berbulan-bulan karena terlalu sering di lombakan, murai itu kemudian tidak pernah lagi bisa moncer selama 1,5 tahun hingga akhirnya cukup lama beristirahat dari arena perlombaan. Oleh karena itu disarankan untuk tidak memforsirnya ke lapangan. Tampil seminggu sekali lebih disarankan agar prestasi murai batu Anda bisa bertahan lama.

    Jatuhnya mental biasanya dialami burung-burung muda yang masih miskin pengalaman, banyak pemilik yang membanggakan kalau murai batu mereka sudah dapat mencapai di usia muda (1-2 tahun). Tidak sedikit yang tergoda untuk menurunkannya lebih dari dua kali seminggu.

    Biasanya burung-burung itu tidak akan memiliki waktu sirkulasi yang lama, karena beberapa bulan kemudian sudah ngedrop mental dan butuh waktu lama untuk memulihkannya.

    Merawat Kacer Kurang Stabil

    Ketika murai batu mengalami penurunan performa di lapangan, baik karena kondisi fisik menurun dan mental drop tentu akan menurunkan kinerjanya. Burung menjadi kuran rajin berkicau ketika menghadapi lawan-lawannya.

    Meskipun murai batu adalah burung petarung yang selalu menjaga wilayah teritorialnya, selalu akan bernyanyi dengan suara terbaik setiap kali melihat burung sejenis di dekatnya sebagai tanda ingin menantangnya untuk bertarung secara fisik.

    Dalam keadaan mental yang parah burung kehilangan keberaniannya untuk berkicau, akibatnya ia menjejalkan bunyi dan sering melompat-lompat dalam sangkar naik turun dari tangkringan ke bagian bawah sangkar dan sebaliknya.

    Tetapi jika ngedrop mental tidak terlalu parah burung masih bisa berkicau, meski tidak segacor biasanya. Ditambah dengan kondisi fisiknya juga menurun.

    Melatih Lb Ngekek

    Untuk mengatasinya dibutuhkan sekitar 2 minggu dengan catatan burung harus diistirahatkan total dari arena lomba, selain itu dibutuhkan beberapa perawatan sebagai berikut :

    1. Gantang Burung di ruang khusus atau tempat yang tenang, jauhkan kandang dari burung-burung yang sejenis atau burung jenis petarung seperti kacer, tledekan, atau cendet.

    2. Selama periode karantina ini berikan pakan utama (voer) dan pakan tambahan (EF) dengan porsi pemakaian biasa.

    3. Jadwal mandi cukup tiga hari tetapi penjemuran dilakukan setiap hari, hanya di pagi hari (sebelum jam 10:00).

    4. Pada siang hari burung dikerodong setengah tetapi pada malam hari dikerodong penuh, dan disimpan di ruangan yang hangat.

    Peforma Murai Batu Menurun

    BalasHapus