Kamis, 15 Agustus 2019

Mengupas Lengkap Mengenai Mitos Dari Karbohidrat Dan Kesehatan Yang Sudah Meluas Di Telinga Masyarakat


Untuk Anda yang tengah diet, mungkin sering mendengar saran dari orang-orang di sekitar untuk menghindari karbohidrat. Banyak jenis diet rendah karbohidrat yang saat ini  menjadi terkenal beserta mitos tentang karbohidrat. Namun sebenarnya Anda tidak harus bermusuhan dengan yang namanya karbohidrat.
Menurut para ahli nutrisi, karbohidrat adalah salah satu unsur nutrisi yang sangat penting untuk tubuh manusia, serta kekurangan konsumsi karbohidrat bisa berpengaruh bagi kesehatan fungsi organ tubuh dalam jangka panjang.
Karbohidrat dipakai oleh tubuh untuk menjadikan glukosa yang membuat energi bagi tubuh kita. Ahli nutrisi membuktikan bahwa sebaiknya 45-65 persen kalori yang dimakan setiap hari berasal dari karbohidrat. Oleh karena itu, jangan sampai dibodohi oleh berbagai mitos umum tentang karbohidrat seperti berikut ini.
  • Karbohidrat akan menjadikan berat badan Anda bertambah
Waktu Anda mengurangi konsumsi karbohidrat dalam diet, Anda akan merasakan penurunan berat badan dalam waktu cepat. Namun jangan terkelabui, berat badan yang turun ini sebenarnya adalah kadar air dalam tubuh Anda. Dan penelitian telah membuktikan bahwa menjaga pola makan yang tepat sama jitunya seperti diet rendah kalori jika Anda tengah berusaha menurunkan berat badan.
Mitos ini ada karena sebagian besar orang-orang tidak mengetahui jenis-jenis karbohidrat serta kandungan nutrisi dalam makan yang dimakan. Tubuh Anda perlu setidaknya 130-150 gram karbohidrat dalam satu hari, dan Anda dapat dengan gampang menambahkannya pada diet sehari-hari.
Untuk pola makan yang baik, porsi yang dianjurkan dalam satu piring adalah 50 persen sayur mayur hijau (seperti brokoli, wortel, jamur, serta bayam), 25 persen protein (daging, ikan, telur, kedelai), serta 25% kandungan karbohidrat. Dengan begutu, Anda akan merasa kenyang lebih lama, serta mengurangi kemauan untuk ngemil.
  • Jangan mengkonsumsi karbohidrat saat sudah berolahraga seharian
Mitos yang sering beredar mengenai karbohidrat yaitu Anda tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat setelah berolahraga, karena kalori yang timbul malah bisa menambah kandungan lemak dalam tubuh. Hal ini justru berbahaya bagi kesehatan Anda serta mengurangi efektivitas kegiatan olahraga Anda, karena karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk regenerasi otot.
Waktu berolahraga, tubuh Anda merasakan inflamasi otot, dan tubuh memerlukan karbohidrat untuk mengembalikan kondisi otot dan membangun otot-otot baru. Jumlah otot yang meningkat dalam tubuh akan membantu Anda menghilangkan lebih banyak kalori waktu berolahraga berikutnya.
Namun tetaplah waspada, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat olahan sesudah berolahraga, hal ini  bisa berpengaruh memperburuk masa otot. Jenis-jenis karbohidrat yang ideal untuk dikonsumsi sesudah berolahraga yaitu buah pisang, kentang manis, nasi merah, apel, biji chia, dan beberapa sayuran hijau.
  • Karbohidrat menjadikan Anda cepat lemas serta kembung
Setiap sel di dalam tubuh Anda perlu yang namanya karbohidrat untuk energi. Saat otak tidak bisa  mengakses glukosa karbohidrat untuk energi, maka ia akan merubah lemak menjadi keton sebagai energi. Namun sebuah studi membuktikan bahwa saat tubuh memakai keton sebagai pengganti glukosa, hal ini akan mempengaruhi kesehatan serta fungsi otak.
Maka Anda harus tetap memasukkan karbohidrat dalam diet sehari-hari untuk menjaga kondisi tubuh dan memberikan tenaga maksimal. Yang perlu Anda cermati yaitu mengenai jumlah serta jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Jenis karbohidrat yang sehat termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, sayur mayur, buah-buahan yang banyak kandungan serat, pasta, serta susu rendah lemak.
Sebaliknya, makanan karbohidrat olahan dengan glikemik berindeks tinggi harusnya sangat dibatasi, karena jenis ini lebih cepat tercerna serta bisa memicu kenaikan glukosa darah yang tajam.
Kesimpulan dari semua mitos yang kerap ada pada karbohidrat ini yaitu karbohidrat merupakan sumber energi yang penting dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari demi menjaga kesehatan. Jika Anda mau mengurangi berat badan, batasi konsumsi karbohidrat olahan serta perbanyak konsumsi sayur mayur, buah, dan makanan organik lainnya. Dan Anda akan memperoleh bentuk tubuh ideal dengan tubuh yang sehat bugar dalam waktu yang sangat cepat.


2 komentar: