Rabu, 06 Desember 2017

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab dari penyakit jantung serta penyebab dari kasus meninggal dunia tertinggi di dunia oleh karena itulah manusia harus menghindari penyakit jantung kororner supaya memiliki umur yang panjang serta sehat. Sebuah data penelitian menyebabkan kematian tertinggi di dunia karena telah membunuh lebih dari 370.000 orang setiap tahunnya. Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah arteri pada tubuh manusia mengalami penyempitan dan mengeras akibat dari penumpukan kolesterol serta zat zat lainnya yang lenih dikenal dengan flak. Jika flak atau kolesterol menumpuk pada pembuluh darah maka akan mengakibatkan pasikan darah kepada semua organ tubuh akan berkurang yang menyebabkan penyakit jantung koroner sebab tidak adanya oksigen serta nutrisi nutrisi yang dibawa oleh darah untuk di antarkan kepada semua bagian organ tubuh manusia oleh karena itulah hindari makanan makanan yang banyak mengandung banyak sekali zat kolesterol.

Beberapa gejala penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit degenerative yang artinya adalah butuh waktu lama untuk dalam proses pembentukan dan penumpukan plak didalam pembuluh arterinya. Berikut adalah beberapa gejala gejala penyakit jantung koroner pada manusia :

1. Nyeri dada atau angina
2. Sesak nafas
3. Serangan jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah stress secara fisik maupun stress secara emosional dapat menyebabkan sesak nafas dan terasa tidak nyaman pada anggota tubuh dada manusia seperti ada tekanan terhadap dadanya. Rasa tidak nyaman atau rasa nyeri pada dada ini biasa disebut dengan angina, angina adalah salah satu cirri ciri atau gejala pada penyakit jantung koroner maka dari itulah jika sudah mengalami gejala ini segeralah memeriksakan ke dokter agar dapat mendapatkan penanganan medis secepat mungkin agar dapat mencegah terjadinya penyakit jantung serta manusia harus memiliki pola hidup sehat dan pola makan sehat karena inilah adalah salah satu juga penyebab penyakit jantung.

Salah satu gejala penyakit jantung adalah jika manusia sudah mengalami sesak nafas atau merasa sangat capek sangat berlebihan setelah melakukan kegiatan olah raga serta kegiatan kegiatan fisik lainnya juga dapat dikatakan sebagai gejala gejala dari penyakit jantung koroner.

Jika penyumbatan pembuluh darah pada arteri koroner sudah menumpuk serta telah menutupi aliran darah sehingga tersumbat maka resiko terserang penyakit jantung semakin besar karena tidak adanya aliran darah keseluruh tubuh yang akan menyebabkan gangguan organ tubuh terutama organ tubuh jantung. Penyakit ini biasanya pertama tama ditandai dengan rasa nyeri pada bahu serta rasa nyeri pada bagian lengan kiri dan merasa sesak karena adanya tekanan kuat pada dada manusia.


Jika seseorang manusia sudah mengalami gejala gejala tersebut maka alangkah baiknya jika segera diperiksakan ke dokter agar dapat mendapatkan penanganan medis secara tepat pada umumnya setelah periksa ke dokter biasanya dokter akan mengecheck kesehatan jantung pasien dengan cara tes atau pemeriksaan tertentu. Berikut adalah beberapa cara mendiagnosis penyakit jantung koroner seperti elektrokardiogram yang dapat melihat apakah penderita sebelumnya pernah mengalami penyakit jantung, echoargiogram untuk mengukur dari fungsi jantung, kateterisasi jantung atau angiogram untuk memeriksa fungsi dari aliran darah yang akan melalui jantung manusia, 

computerized tomograpfy atau CT scan pada organ tubuh jantung agar dapat memeriksa seberapa banyak tumpukan plak atau kolesterol pada pembuluh darah arteri manusia.

0 komentar:

Posting Komentar